Selasa, 18 April 2017

cara mengaktifkan telnet

Cara Mengaktifkan Telnet di Windows 7


Telnet adalah alat baris perintah yang dirancang untuk mengelola server jarak jauh melalui Command Prompt. Tidak seperti di Windows XP dan Vista, klien Telnet tidak terpasang secara otomatis di Windows 7. Anda harus mengaktifkannya sebelum dapat mulai menggunakannya. Lihat Langkah 1 di bawah ini untuk mempelajari cara memasang dan menggunakannya.

Bagian 1
Memasang Telnet

  1. Gambar berjudul Activate Telnet in Windows 7 Step 1
    1
    Buka Control Panel. Secara default, Telnet tidak terpasang di Windows 7. Ini harus diaktifkan secara manual agar Anda dapat menggunakannya. Anda dapat melakukannya melalui Control Panel, yang dapat diakses dari menu Start.
  2. Gambar berjudul Activate Telnet in Windows 7 Step 2
    2
    Buka "Programs and Features" atau "Programs". Opsi yang tersedia akan tergantung pada tampilan Control Panel Anda, apakah dalam tampilan Icon atau Category, tetapi keduanya membawa Anda ke tempat yang sama.
  3. Gambar berjudul Activate Telnet in Windows 7 Step 3
    3
    Klik tautan "Turn Windows features on or off". Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan kata sandi Administrator.
  4. Gambar berjudul Activate Telnet in Windows 7 Step 4
    4
    Cari entri "Telnet Client". Di daftar fitur yang tersedia, Anda akan melihat sebuah entri yang bernama Telnet Client. Mungkin Anda harus menggulirkan tetikus (mouse) ke bawah untuk menemukannya. Centang kotak di samping Telnet Client, dan klik OK.
    • Mungkin Anda harus menunggu satu atau dua menit agar klien tersebut dipasang setelah Anda memilihnya.
  5. Gambar berjudul Activate Telnet in Windows 7 Step 5
    5
    Pasang Telnet melalui command prompt. Jika Anda lebih suka melakukan semuanya melalui Command Prompt, Anda dapat memasang Telnet dengan perintah cepat. Terlebih dahulu, buka Command Prompt dengan mengetik cmd ke dalam kotak Run. Di baris perintah, ketik pkgmgr /iu:"TelnetClient" dan tekan Enter. Setelah beberapa saat, Anda akan dibawa kembali ke command prompt.[1]
    • Mulai ulang (restart) command prompt untuk mulai menggunakan Telnet.

Bagian 2
Menggunakan Telnet

  1. Gambar berjudul Activate Telnet in Windows 7 Step 6
    1
    Buka Command Prompt. Telnet berjalan melalui Command Prompt. Anda dapat mengakses command prompt dengan menekan Win dan mengetik cmd ke dalam kolom Run.
  2. Gambar berjudul Activate Telnet in Windows 7 Step 7
    2
    Jalankan klien Telnet. Ketik telnet dan tekan Enter untuk menjalankan Microsoft Telnet. Command Prompt akan hilang, dan Anda akan dibawa ke baris perintah Telnet, yang ditampilkan sebagai Microsoft Telnet>.
  3. Gambar berjudul Activate Telnet in Windows 7 Step 8
    3
    Hubungkan ke server Telnet. Di baris perintah Telnet, ketik open serveraddress [port]. Anda telah berhasil terhubung ke server jika Anda menerima pesan selamat datang atau diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi.
    • Misalnya, untuk menonoton ASCII Star Wars, ketik open towel.blinkenlights.nl dan tekan Enter.
    • Anda juga dapat memulai koneksi secara langsung dari Command Prompt dengan mengetik telnet serveraddress [port].
  4. Gambar berjudul Activate Telnet in Windows 7 Step 9
    4
    Tutup sesi Telnet Anda. Setelah selesai mengelola server Telnet, Anda harus menutup koneksi sebelum menutup jendelanya. Untuk melakukannya, buka baris perintah Telnet dengan menekan ^ Ctrl+]. Ketik quit dan tekan Enter untuk menutup koneksi tersebut.[2]

Info Artikel

Kategori: Windows
Bahasa lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar