Selasa, 18 April 2017

Sejarah Singkat Mailing List Indonesia



Sejarah Singkat Mailing List Indonesia

4 Desember 2009
mailing list di Indonesia pada awalnya dimulai pada tahun 1987-1988, ketika itu keadaanya Internet masih belum berkembang seperti sekarang ini, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley, Amerika Serikat membentuk mailing list Indonesia yang pertama dengan menggunakan alamat e-mail indonesians@janus.berkeley.edu.

Hasil dari fasilitas diskusi maya ini adalah munculnya “Persatuan komunitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri”. Mailing list pertama ini digunakan untuk diskusi yang sangat membangun dan berjiwa nasionalis. Tema-tema yang diangkat lebih banyak mengenai dialog antar umat beragama.
Di samping mailing list bertema keagamaan, juga banyak terbentuk mailing list-mailing list Indonesia yang sifatnya keilmuan seperti:
  1. pau-mikro@ee.umanitoba.ca – mailing list ini adalah yang menjadi cikal bakal mailing list para hacker Indonesia. dikemudian hari
  2. ids@listserv.syr.edu – jaringan kajian pembangunan Indonesia,
Dengan mulai masuknya Internet di Indonesia pada tahun 1993-1994 dan dibarengi kepulangan para mahasiswa yang belajar di luar negeri ke Indonesia, mailing list Indonesia secara bertahap mulai terbentuk di Indonesia sendiri dan tidak lagi bertempat di luar negeri.
Berawal dari dua (2) buah komputer Pentium II di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merupakan sumbangan Alumni Institut Teknologi Bandung, telah menyumbangkan banyak jasanya untuk pembentukan awal komunitas maya Indonesia sehingga jumlahnya mencapai ratusan mailing list. Beberapa mailing list yang bertahan di ITB sampai hari ini adalah itb@itb.ac.id dan dosen@itb.ac.id.
Namun sayang, sebagian besar mailing list di atas kini telah menjadi sejarah. Keberadaan dan arsip banyak mailing list Indonesia di masa lalu dulu dapat dilihat di http://www.umanitoba.ca/indonesian/milis.html atau http://www.airland.com/id/komputer/milis.html. Kini jauh setelah kedatangan Internet di Indonesia, forum komunitas maya Indonesia lebih banyak bertumpu pada
fasilitas gratis yang di berikan oleh yahoogroups.com yang dapat diakses di http://groups.yahoo.com dan Google pada mesin http://groups.google.com. Di Indonesia jasa diskusi mailing list gratis dilakukan oleh mesin http://groups.or.id yang diletakan di Internet Service Provider CBN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar